Analisis Manajemen Strategi Pada Perusahaan PT. Mayora Indah
TUGAS UAS MANAJEMEN STRATEGIK
ANALISIS STRATEGI BISNIS PT. MAYORA INDAH
TBK
MOUDY ANDZANI (1712070110)
INSTITUT
KEUANGAN PERBANKAN DAN
INFORMATIKA
ASIA (ASIAN FINANCE AND
INFORMATICS INSTITUTE)
PERBANAS
JAKARTA
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INTENSIF
2019
Analisis Manajemen
Strategi Pada Perusahaan PT. Mayora Indah
Manajemen
strategi merupakan suatu proses sebagai panduan utama untuk mengalokasikan
seluruh sumberdaya pada organisasi dengan tetap menjaga sumber daya manusia
dalam kondisi yang terbaik (Hunton et. al, 2004). Sedangkan Gluck et. al (1999)
menjelaskan bahwa manajemen strategi merupakan suatu konsep yang berkembang,
dimana hal ini dapat dilihat dari perkembangan yang semula berasal dari
perencanaan keuangan yang kemudian berubah menjadi perencanaan berbasis
ramalan, dan kemudian menjadi manajemen strategi.
Menurut
pandangan Wheelen dan Hunger (2004), manajemen strategi merupakan perkembangan
lebih lanjut dari kebijakan bisnis. Perbedaan dari manajemen strategi dengan
manajemen bisnis adalah : kebijakan bisnis lebih pada kegiatan manajerial umum
yang berorientasi dan cenderung melihat pada sisi internal organisasi dengan
tujuan untuk mengintegrasikan semua aktifitas manajerial yang ada. Sedangkan
manajemen strategi merupakan serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang
menentukan kinerja organisasi dalam jangka panjang. Manajemen strategik
memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan kebijakan bisnis.
Wheelen dan
Hunger (2004) menyatakan bahwa manajemen strategi mencakup empat elemen yang
meliputi :
- Pemindaian
lingkungan (environmental scanning)
- Perumusan
strategi (strategy formulation)
- Penerapan
strategi (strategy implementation)
- Evaluasi dan pengendalian (evaluation and control)
Sedangkan manfaat
dari manajemen strategi menurut Wheelen dan Hunger (2004) adalah :
- Pemahaman
yang lebih baik atas visi organisasi
- Fokus
yang lebih tajam pada apa yang secara strategis lebih penting bagi
organisasi
- Meningkatkan
pemahaman akan situasi yang terus berubah dengan cepat.
Formulasi Strategi
Fred R. David menjelaskan
bahwa proses manajemen strategis terdiri dari tiga tahapan, yaitu:
- Tahap memformulasikan strategi antara lain menetapkan visi dan misi, mengidentifikasi peluang dan tantangan yang dihadapi organisasi dari sudut pandang eksternal, menetapkan kelemahan dan keunggulan yang dimiliki organisasi dari sudut pandang internal, menyusun rencana jangka panjang, membuat strategi-strategi alternatif dan memilih strategi tertentu yang akan dicapai.
- Tahap mengimplementasikan strategi memerlukan suatu keputusan dari pihak yang berwenang dalam mengambil keputusan untuk menetapkan tujuan tahunan, membuat kebijakan, memotivasi pegawai, dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki sehingga strategi yang sudah diformulasikan dapat dilaksanakan. Pada tahap ini dilakukan pengembangan strategi pendukung budaya, merencanakan struktur organisasi yang efektif, mengatur ulang usaha pemasaran yang dilakukan, mempersiapkan budget, mengembangkan dan utilisasi sistem informasi serta menghubungkan kompensasi karyawan terhadap kinerja organisasi. Mengimplementasikan strategi sering disebut sebagai “action stage” dari manajemen strategis. Pengimplementasian strategi memiliki maksud memobilisasi para pegawai dan manajer untuk menterjemahkan strategi yang sudah diformulasikan menjadi aksi.
- Tahap mengevaluasi strategi adalah tahap terakhir dalam manajemen
strategis. Para manajer sangat perlu untuk mengetahui ketika ada strategi
yang sudah diformulasikan tidak berjalan dengan baik. Evaluasi strategi
memiliki tiga aktifitas yang fundamental, yaitu mereview faktor-faktor
internal dan eksternal yang menjadi dasar untuk strategi saat ini,
mengukur performa dan mengambil langkah korektif.
Perusahaan PT. Mayora Indah
Saat ini, PT. Mayora Indah Tbk. memproduksi dan
memiliki 6 (enam) divisi yang masing masing menghasilkan produk berbeda
namun terintegrasi. Perseroan juga dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi
makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang
sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing
masing.
Hasil dan Pembahasan
1. Matriks Evaluasi
Faktor Eksternal (EFE) PT
Mayora Indah Tbk
Berdasarkan
hasil dari tabel matriks IFE diatas, dapat
dikatakan bahwa bisnis PT Mayora Indah Tbk. cukup berhasil karena skor bobot
total sebesar 2,74 dapat menghasilkan keuntungan dari peluang dan ancaman yang
timbul.
2. Matriks Profil
Kompetitif (CPM) PT Mayora Indah Tbk.
Dapat dinyatakan bahwa PT Mayora Indah
Tbk. adalah suatu perusahaan yang cukup kuat bila dibandingkan dengan
pesaingnya berdasarkan perolehan skor bobot total sebesar 3,4. Hasil matriks
profil kompetitif menunjukan bahwa Mayora memiliki manajemen yang terbaik
diantara Indofood maupun Tigapilar. Dimana, Mayora mendapat total skor 3,4,
Indofood mendapat total skor 3,15, sedangkan Tiga Pilar Sejahtera mendapat
total skor 2,4.
3. Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE)
PT Mayora Indah Tbk.
Berdasarkan
hasil dari tabel matriks IFE diatas diketahui bahwa secara keseluruhan,
perusahaan ini memperoleh skor bobot total sebesar 2.56 yang dalam skala 1
sampai 4 berada ditengah - tengah , mengindikasikan adanya ruang yang luas bagi
perbaikan dalam keuangan, operasai, strategi, dan prosedur perusahaan.
4. Matriks Kekuatan-Kelemahan-Peluang-Ancaman
(SWOT)
pada PT Mayora Indah Tbk.
5.Matriks osisi
Strategis dan Evaluasi Tindakan (SPACE) pada PT Mayora Indah Tbk.
Kesimpulan
Rata-rata ES -10.0 / 3 = -3.33 Rata-rata
IS 4.0
/ 1 = 40
Rata-rata CA -11 / 6 = -1.83 Rata-rata FS 14.0 / 4 =
3.5
Koordinat Arah Vektor : Sumbu x: -1.83 +
4.0 = 2.16
: Sumbu y: -3.33 + 3.5 = 0.17
Mayora
harus menjalankan strategi agresif.
6. Matriks Boston Consulting
Group (BCG) pada PT Mayora Indah Tbk.
Berdasarkan hasil perhitungan pangsa pasar, ternyata PT Mayora Indah Tbk. memiliki persentase pendapatan tertinggi sebesar 0,550071521 atau sekitar 56%.
Posisi PT Mayora
Indah Tbk. berada di kuadran II menggambarkan peluang pertumbuhan dan
profitabilitas jangka panjang terbaik organisasi. Divisi dengan pangsa pasar
relatif yang tinggi dan tingkat pertumbuhan industri yang tinggi harus
memperoleh investasi yang substansial untuk mempertahankan dan memperkuat
posisi dominan mereka.
PT Indofood Sukses Makmur Tbk. memiliki pangsa pasar relatif rendah, namun PT Indofood Sukses Makmur Tbk. bersaing di industri dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Pada umumnya kebutuhan kas perusahaan seperti ini tinggi, sementara pendapatan kasnya rendah.
7. Matriks Internal-Eksternal (IE) pada PT Mayora Indah
Tbk.
IE matriks memosisikan
berbagai divisi suatu organisasi dalam sembilan sel. Matriks IE serupa dengan
matriks BCG dalam pengertian bahwa kedua alat tersebut menempatkan
divisi-divisi organisasi dalam sebuah diagram osistematis, itulah alasan mengapa
keduanya disebut “matrix portfiolio”. Selain itu, ukuran setiap lingkaran
menunjukkan persentase hasil penjualan dari setiap Skor bobot total EFE divisi,
sedangkan potongan kuenya menunjukkan persenase hasil laba dari setiap divisi
baik dalam matriks.
Perusahaan Mayora menggunakan struktur
organisasi divisional, namun data penjualan Mayora per divisi tidak bisa di
dapatkan. Jadi kelompok kami menghitung penjualan Mayora secara keseluruhan
yang datanya terdapat di laporan keuangan Mayora. Hasil dari perhitungan matrix
IE menunjukkan posisinya berada di sel V. Hal ini menunjukkan Mayora dapat
menggunakan strategi menjaga dan mempertahankan. Penetrasi dan pemgembangan
produk adalah dua strategi yang paling banyak dalam divisi ini.
8. Matriks
Strategi Besar (Grand Strategy Matrix) PT Mayora Indah Tbk.
PT Mayora Indah Tbk. memiliki pertumbuhan
pasar yang cepat dan posisi kompetitif yang kuat yang dibuktikan dari IFE
Matrix milik PT Mayora Indah Tbk. sebesar 2,56 dan EFE Matrix milik PT Mayora
Indah Tbk. sebesar 2,74. Hal ini menyebabkan Matriks Strategi Besar berada pada
kuadran I sehingga termasuk pada posisi strategis yang sempurna untuk melakukan
pengembangan produk, pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan diversifikasi
terkait karena memiliki keunggulan kompetitif yang sudah mapan.
9. Matriks Perencanaan Strategis Kuantitatif
(QSPM)
pada PT Mayora Indah Tbk.
Hasil matriks QSPM PT Mayora Indah Tbk
pada 2014 menghasilkan 2 altenatif strategi yang bisa diambil perusahaan dan
diperoleh dari matriks SWOT. Strategi yang diuji yaitu: menambah varian –
varian produk baru setiap tahun dan menggunakan teknologi canggih yang hemat
energi. Hasil bobot attractiveness score yang dibobot berasal dari faktor IFE
dan EFE yang signifikan dengan hasil sebesar 4,85 yaitu menambah varian –
varian produk baru setiap tahun dibandingkan menggunakan teknologi canggih yang
hemat energi mendapat attractiveness score sebesar 4.43. Jadi, strategi
altenatif baru yang cocok dipilih adalah menambah varian – varian produk baru
setiap dan bila dilaksanakan diperkirakan mengalami perubahan yang besar.
Implementasi
Strategi
Implementasi
adalah pekerjaan yang dilakukan setelah merumuskan strategi. Dengan
keterampilan intuitif dan analitis yang baik, motivasi, dan kepemimpinan khusus
serta mampu melakukan banyak koordinasi
Implementasi strategi adalah
proses di mana manajemen mewujudkan strateginya dalam bentuk program, prosedur
dan anggaran. Implementasi strategi juga dapat diartikan sebagai pengembangan
strategi dalam bentuk tindakan. Implementasi terkadang lebih sulit karena
implementasi membawa sebuah perubahan. banyak faktor tak terduga yang bisa
menjadi hambatan. Startegi Implementasi yang dilakukan PT Mayora Indah yaitu:
Annual Objective
a.
Company
Strategy
Agar mencapai tujuan dan mendukung
pertumbuhan perusahaan secara efektif, PT Mayora Indah menerapkan tingkat
strategi mereka, antara lain:
“Menjadi produsen makanan dan minuman
yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional
dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.”
- Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi
diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh
stakeholders Perseroan
-
Dapat
memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan
berada.
Divisional
Objective
b. Divisional
Strategy
PT Mayora Indah
Tbk atau Mayora Group (melakukan bisnis sebagai PT Torabika Eka Semesta) adalah
salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia. Perusahaan ini
menggunakan stuktur organisasi yang dikelompokkan berdasarkan pada produk yang
sama, proses yang sama, kelompok orang yang melayani pelanggan yang sama, dan
atau berlokasi di daerah yang sama di suatu wilayah geografis. Secara umum
dalam struktur organisasi seperti ini bersifat kompleks, dan menghindari
masalah yang terkait dengan struktur fungsional. Tiap-tiap divisi dapat
beroperasi sendiri-sendiri dibawah pengarahan seorang manajer divisi yang
bertanggungjawab langsung kepada CEO.
c. Marketing
Banyak
kalangan pebisnis yang memprediksi bahwa tren pasar consumer goods di Indonesia
akan meningkat pada tahun 2013 sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. Selain
ditandai dengan GDP US$ 3.500 per kapita, faktor lain yang ikut memengaruhi
adalah pertumbuhan kelas menengah yang mencapai 131 juta orang. Tentunya, ini
menyebabkan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dapat memicu naiknya
permintaan maupun konsumsi produk-produk fast moving consumer goods (FMCG). Tak
hanya itu, dibanding dengan negara-negara lain, tingkat konsumsi masyarakat
Indonesia terhadap produk consumer goods masih relatif rendah.
Kondisi
ini membuka peluang bagi peningkatan konsumsi yang akhirnya meningkatkan
pertumbuhan industri FMCG. Lalu berdasarkan hasil survei Ipsos Indonesia, tren
perilaku konsumen menunjukkan bahwa frekuensi belanja barang-barang domestik
akan lebih besar dibandingkan barang-barang dari luar negeri.
d. Operasional
& Distribusi
Mayora melakukan survei operasional dan pendekatan
terhadap warga. Kelompok survei terbagi menjadi tiga, yaitu, di daerah Desa
Yowid, Dokil dan Wamal, yang potensial menjadi area pelabuhan.
Produk
Mayora didistribusikan kepada lebih dari 150.000 outletritel di seluruh
Indonesia. Mengingat ukuran dan keragaman geografis pasar Indonesia, perusahaan
telah memberikan usaha yang cukup besar untuk memperluas jaringan distribusi ke
seluruh wilayah negara. Semua penjual produk di Indonesia saluran distribusi
Mayora dan dikoordinasimelalui kelompok daerah yang terletak di dekat pasar.
Jaringan distribusi yang kuat, produk PT Mayora Indah Tbk tidak hanya ada di
Indonesia namun juga dapat kita jumpai di Negara seberang lautan seperti
Malaysia, Thailand, philiphines, Vietnam, Singapore, Hong Kong, Saudi Arabia,
Australia, Africa, America dan Italy.
e. Research &
Development
PT Mayora membuat
kebijakan yaitu:
a)
Setiap
karyawan bagian riset dan pengembangan harus menyumbangkan ide untuk tujuan
inovasi produk. (Kebijakan ini dibuat untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru).
b)
Hasil
tes pasar dengan tingkat keberhasilan lebih dari 85% akan diimplementasikan.
(Kebijakan ini dapat menurunkan tingkat kegagalan produk baru).
c)
Setiap ide inovasi harus memiliki diferensiasi
dari produk pesaing. (Kebijakan ini dibuat untuk menghasilkan diferensiasi
produk dan menyaingi pesaing.)
d)
Mengatur
kapasitas produksi agar dapat memproduksi varian baru tersebut. (Kebijakan ini
dibuat agar inovasi produk yang baru dapat benar-benar diimplementasikan.)
Untuk alokasi
sumber daya, mesin yang digunakan untuk menjalankan strategi ini adalah mesin
yang telah digunakan sebelumnya oleh perusahaan. Sumber Daya Manusia yang
diperlukan untuk menghasilkan inovasi produk seperti yang telah dikatakan
sebelumnya berasal dari karyawan bagian riset dan pengembangan, namun
memungkinkan juga untuk menggunakan ide-ide dari konsultan atau orang yang
lebih ahli.
f. Finance
Modal untuk
menjalankan strategi ini berdasarkan anggaran riset dan pengembangan, namun
anggaran bagian riset dan pengembangan disesuaikan setiap periode. Teknologi
yang digunakan dalam proses produksi adalah tanpa campur tangan manusia,
artinya otomatisasi yang digunakan. Tetapi kondisi anggaran pada Mayora
terancam karena adanya kenaikan dari tarif dasar listrik.
g. Management
Information System
PT. Mayora Indah Tbk. memperhatikan
kualitas produk-produk yang diproduksinya setiap hari dengan menggunakan
standar kualitas mulai dari bahan baku, proses produksi, hingga hasil akhir
produk. Selain menggunakan sistem manajemen kualitas, PT. Mayora Indah Tbk.
menggunakan quality control dalam proses produksinya. Sistem manajemen kualitas
(Quality Management System) yang digunakan PT. Mayora Indah Tbk. dilakukan
secara konvensional. Quality management system merupakan sebuah sistem yang
paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Salah satu
bukti tentang penggunaan sistem manajemen kualitas adalah penggunaan teknologi
dalam proses produksi di PT. Mayora Indah Tbk.
Evaluasi Strategi
Evaluasi strategi merupakan tahapan final dari manajemen strategi. Biasanya, manajer inginmengetahui informasi tentang kapan strategi tertentu tidak berjalan dengan baik.Semua stategi sangat diperlukan untuk modifikasi di masa yang akan datang,sebab lingkungan secara konstan akan selalu berubah. Pengertian evaluasi yaitu proses monitoring atas aktivitas perusahaan dan hasil suatu performa sehingga performa aktual dapat dibandingkan dengan performa yang diinginkan. Evaluasi strategi PT. Mayora Indah akan menggunakan alat evaluasi yaitu balance scorecard. Berikut evaluasi strategi dalam Balance Scorecard PT Mayora Indah:
Evaluasi strategi merupakan tahapan final dari manajemen strategi. Biasanya, manajer inginmengetahui informasi tentang kapan strategi tertentu tidak berjalan dengan baik.Semua stategi sangat diperlukan untuk modifikasi di masa yang akan datang,sebab lingkungan secara konstan akan selalu berubah. Pengertian evaluasi yaitu proses monitoring atas aktivitas perusahaan dan hasil suatu performa sehingga performa aktual dapat dibandingkan dengan performa yang diinginkan. Evaluasi strategi PT. Mayora Indah akan menggunakan alat evaluasi yaitu balance scorecard. Berikut evaluasi strategi dalam Balance Scorecard PT Mayora Indah:
a. Finance: PT. Mayora Indah Tbk terlihat cukup
baik. Hal ini disebabkan langkah-langkah yang diambil perusahaan berhasil
dijalankan sehingga menghasilkan output yang maksimal. Jika perusahaan ingin
meningkatkan target pencapaian dari segi finansial, hendaknya meninjau kembali
seberapa besar aset perusahaan agar dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Perbaikan yang juga sebaiknya dilakukan adalah denganmendukung inisiatif ketiga
perspektif lainnya sebab perspektif keuangan menjadi muara dari pencapaian
kinerja perspektif selanjutnya.
b. Customer: PT. Mayora Indah Tbk terlihat cukup
baik. Tercatat bahwa baik pelanggan maupun supplier puas terhadap perusahaan.
Kepuasan customer ini menunjukkan bahwa visi manajemen tersampaikan dengan baik
ke customer, sehingga tentu hal ini akan berdampak baik pada perspektif
keuangan.
c. Processes: PT. Mayora Indah Tbk perlu dilakukan
pengembangan secara terus menerus, karena dengan demikian semakin banyak klien
yang tertarik yang akan meningkatkan persentase klien baru yang bergabung dan
akan meningkatkan pendapatan perusahaan. Hal ini secara tidak langsung akan
meningkatkan kinerja perspektif pelanggan dan perspektif keuangan.
d. Learning
& Growth: PT. Mayora
Indah Tbk terlihat cukup baik, hal ini didasari dengan kepuasan karyawan
terhadap perusahaan. Namun,untuk memaksimalkan kinerja karyawan, perusahaan
perlu mengoptimalkan penciptaan kepuasan kerja karyawan dengan memperbaiki
sistem pemberian gaji dan tunjangan agar karyawan semakin termotivasi untuk
bekerja dan terus menghasilkan produktifitas bagi perusahaan yang tentu
mempengaruhi perspektif lainnya.
nah ini membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperkenalkan inovasi dalam bisnis, dan juga membangun sumber-sumber informasi strategis.
BalasHapusterimakasih infonya, ini sangat membantu perusahaan Pt mayora indah dalam melakukan strategi kedepannya
BalasHapusWah sangat membantu nih analisis manajemen strategi nya. Terimakasih banyak
BalasHapusSangat berguna. terimakasih
BalasHapusTerimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat
BalasHapusberguna banget nih, makasih buat infonya
BalasHapusAnalisisnya bagus, sangat berguna bagi pembaca dan semoga strategi tersebut bisa diterapkan oleh perusahaan
BalasHapusAnalisa yg cukup menarik, dengan penerapan dari manajemen strategi dapat membuat manajemen perusahaan menjadi lebih peka terhadap ancaman eksternal (ancaman dari luar). Setidaknya manajemen strategi juga dapat mencegah timbulnya berbagai macam masalah, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar perusahaan. Penerapan manajemen strategi ini juga dapat meningkatkan kualitas perusahaan dalam menghadapi masalah.
BalasHapusAnalisisnya sangat bermanfaat sekali terimakasih
BalasHapusAnalisis sudah lengkap dan pembahasannya sudah komprehensif, sehingga akan membantu PT Mayora Indah dalam mengevaluasi kinerjanya agar semakin lebih baik
BalasHapusThanks sis infonya.. bisa buat bahan kuliah nih
BalasHapusAnalisis yang baik, sangat bermanfaat untuk perusahaan memperkuat bisnisnya
BalasHapusanalisis yang diberikan sangat lengkap bisa menjadi bahan untuk perencanaan strategi perusahaan tersebut๐๐ป
BalasHapuswah tararengkyu banget atas infony sis, semoga perusahaan yang terkait dapat mengevaluasi ulang kinerjanya dan mengimplementasikan bahan ini untuk perencanaan strategi perusahaan mereka
BalasHapusInfo analisis yg bernanfaat bgt buat pembaca atau pun untuk perusahaan yg bergerak dinidang yg sama ๐๐
BalasHapusAnalisis amat memadai, sehingga bisa membuat perusahaan lebih efisien dalam menentukan kebijakan kebijakan dalam strategi bisnis perusahaan untuk lebih maju..
BalasHapusInformasi yang sangat bermanfaat semoga dapat membantu perusahaan yang bersangkut dan menjadi bahan referensi perkuliahan
BalasHapusAnalisis yang baik sekali, sangat bermanfaat bagi pembaca, terima kasih
BalasHapusanalisisnya cukup baik. bisa menjadi referensi pembaca dalam melakukan analisis strategi bisnis. terima kasih
BalasHapusanalisanya sangat lengkap dan semoga bermanfaat. terimakasih
BalasHapusKok gak ada 10 keputusan manajemen operasional.nya
BalasHapusClassic titanium rimless glasses - TITanium Artistry
BalasHapusCustom, black oxide vs titanium drill bits printed, and custom engraved titanium cost titanium titanium water bottle rimless 1xbet korean glasses designed by TIT. These premium grade, durable & durable glasses thaitanium can be
u559j2rvodo568 Bullets And Eggs,dildo,sex chair,huge dildos,sex chair,silicone sex doll,glass dildos,adult sex toys,sex toys e020n4yfvnj626
BalasHapus